Cara Sukses Ternak Burung Puyuh

Cara Ternak Burung Puyuh – Puyuh Merupakan salah satu burung asli Indonesia yang sudah merambat perkembangannya di berbagai penjuru dunia. Berbicara tentang budidaya atau ternak burung puyuh ini, memang tidak lepas dari hasil telur yang di hasilkannya dan sama halnya dengan ternak ayam telur pada umumnya. Telur puyuh yang bisa kita hasilkan dengan membudidayakan burung ini mengandung kaya akan protein, gizi, serta lemak yang sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh manusia, bahkan lebih bagus nilai gizi yan terkandung dalam telur puyuh ini jika di bandingkan dengan telur ayam. 

Baca Juga ;

Ada beberapa hal atau langkah awal untuk di perhatikan dalam membudidaya atau ternak burung puyuh, seperti halnya berikut ini yang elah saya ringkas.


Cara Beternak Burung Puyuh 

1. Penataan Lokasi Kandang 
  • Pemilihan atau penataan lokasi kandang untuk budidaya burung puyuh ini harus jauh dari pemukiman atau keramaian penduduk. 
  • Sirkulasi udara pun harus di perhatikan agar di tempatkan pada daerah alamai dan bersih untuk menghindari serangan bakteri atau penyakit sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh bagi burung puyuh tersebut. 
  • Kandang dan lokasi atau tembat membudidaya pun harus stategis. Ini bertujuan untuk mempermudah proses ditribusi yang bisa di lalui oleh kendaraan. 
2. Persiapan Sarana Kandang 

Persiapan sarana kandang yang di maksudkan disini yaitu berupa tempat tinggal untuk budidaya atau ternak puyuh dengan memodifikasi tempat atau kandang yang bertujuan untuk mempernyaman burung puyuh dalam proses memproduksi telur supaya signifikan. Kandang bisa kita siapkan harus di perhatikan juga dalam system temperature yang normal dan ideal sekitar 20 sampai 25% celcius. Adapun cara yang harus anda perhatikan dalam system perkandangan, seperti yang telah saya ringkas antara lain :

  • Kandang bagi Induk Petelur - Kandan yang bisa kita gunakan untuk induk petelur atau pembibitan ini bisa kita ukur dengan tinggi dan luas kandanga memiliki ukuran yang sama antara satu sisi ke sisi lainnya. 
  • Kandang bagi Anak Puyuh - Kandang yang bisa kita gunakan untuk anak puyuh ini biasanya saat menginjak usia 1 sampai 2 minggu atau saat umur stater. Tentunya kehangatan dalam kandang untuk anak puyuh ini harus di perhatikan agar terhindar dari bakteri atau virus yang sangat rentang terhadap timbulnya penyakit pada anak puyuh tersebut.  
  • Kandang bagi Burung Puyuh Layer ( Usia 3 sampai 6 minggu) - Kandang yang bisa kita gunakan untuk puyuh grower ini tidak jauh beda dengan kandang bagi induk petelur yang terbuat dari kawat ram khusus. 
3. Menyiapkan Bibit Unggul 

Dalam hal ini, tentunya kembali pada tujuan awal dalam budidaya burung puyuh ini. Apakah tujuannya untuk memproduksi lebih banyak telur ataukah daging puyuh untuk di konsumsi. Untuk petelur sendidri, bisa kita siapkan bibit unggul betina yang sehat dan tentunya terhindar dari penyakit. Sedangkan untuk budidaya daging puyuh sendiri, bisa kita siapkan bibit unggul jantan maupaun betina dan yang terpenting terhindar dari penyakit. 

4. Memelihara Burung Puyuh 

 Ada beberapa poin yang harus anda perhatikan untuk memelihara burung puyuh, sebagai berikut : 
  • Pemberian makanan (pakan) dan minuman - Dalam hal ini, anda bisa memberikan pakan seperti tepung, remah-remah, dan pallet. Anda bisa memberikan pakan ini saat pagi dan sore hari bagi puyuh dewasa sedangkan untuk puyuh remaja usia 1-2 minggu cukup satu kali saja. 
  • Pencegahan dan sanitasi - Untuk merawat kandang agar terhindar dari serangan bakteri yang dapat menyerang burung puyuh, harus senantiasa rajin membersihkannya setiap hari. 
  • Sirkulasi dan Penerangan kandang - Perlu anda perhatikan juga dalam ketersediaan kandang dalam sinar matahari untuk mencukupi kebutuhan Vitamin D pada burung puyuh tersebut. 
5. Panen

Telur yang di haslikan dari puyuh ini mengandung nutrsisi seperti protein yang cukup tinggi. Telur puyuh ini bisa di panen setiap hari, dan akan lebih banyak lagi yang di hasilkan tergantung banyaknya puyuh yang di budidaya. Saat pasca panen, penting sekali dalam upaya membersihkan kandang seperti pengerukan. Dalam hal pendistribusian telur ini, tentunya sangat banyak peminatnya dari mulai rumah makan, pasar, dan lainnya. Mengingat telur puyuh ini sangat langka.

Nah, itulah beberapa tips beternak burung puyuh bagi pemula. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi anda semua yang akan memulai bisnisnya. Semoga sukses…