Kandang Ternak Lovebird paling Efektif

Kandang Ternak Lovebird – Kandang ternak merupakan salah satu faktor untuk mewujudkan dalam hal budidaya burung lovebird. Maka dari itu, kita sebagai peternak harus menyesuaikan jenis kandang untuk burun lovebird tersebut agar pencapaian budidaya lovebird ini berhasil dan sukses.

Baca Juga ;




Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat fopuler dan banyak di gemari oleh pecinta burung kicau. Dalam hal ini tentunya memicu pada penampilan burung lovebird tersebut yang memiliki warna corak yang sangat menarik dan lembut serta memiliki suara kicau burung yang sangat merdu

Jenis Kandang Ternak Burung Lovebird

Kandang burun lovebird selain bertujuan sebagai tempat budidaya atau peeliharaan, namun juga untuk memperindah dan kecantikan burung lovebird tersebut. Terlebih, jika lovebird ini di pilih untuk budidaya, maka kandang merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan budidaya burung lovebird.

1. Kandang Koloni atau Umbaran

Jenis kandang ternak lovebird yang pertama yaitu jenis kandang umbaran atau koloni. Jenis kandang umbaran untuk lovebird ini meimiliki ukuran yang cukup besar, yaitu di tujukan untuk indukan burung lovebird dengan jumlah yang cukup banyak. Jenis kandang umbaran ini bertujuan untuk memilih atau menseleksi indukan lovebird yang akan di budidayakan.


Pada kandang umbaran atau koloni ini nantinya akan di isikan banyak indukan burung lovebird jantan maupun betina. Dan jika dalam beberapa hari yang di tentukan terlihat ada sepasang indukan lovebird terlihat saling berdekatan, selanjutnya kedua indukan tersebut jantan dan betina akan di masukan dalam satu kandang berdua untuk penjodohan selanjutnya.

Kandang umbaran ini bertujuan mempermudahkan peternak dalam memilih indukan mana saja yang suadah siap kawin atau tidak. Dan anda tidak perlu menyeleksi satu-persatu, cukup dengan memasukan indukan lovebird dalam kandang umbaran.

2. Kandang Penjodohan


Setelah kita menemukan indukan lovebird yang berpasangan dalam kandang umbaran atau koloni, selanjutnya anda bisa langsung memasukan kedua pasang indukan ini kedalam kandang penjodohan. Dan didalam kandang ini adalah proses di mana kedua indukan kawin atau perkawinan, dan sabahat juga dapat mempermudah untuk memantau proses perkawinan indukan lovebird ini.

3. Kandang Sarang untuk Bertelur

Untuk pembuatan kandang sarang bertelur ini ukurannya tidak terlalu besar, dan yang paling terpenting kedua indukan lovebird dalam kandang bisa bergerak dengan leluasa tidak terganggu dengan keberadaan kandang sarang tersebut. Sarang atau kandang ini bertujuan untuk bertelur dan mengerami serta untuk pengglodokan.


Ada beberapa bentuk gelodok ternak lovebird yang bisa anda pilih, namun perlu anda perhatikan juga untuk mengusahhakan glodok ini tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Kondisikan di dalamnya terdapat dedaunan kering, ranting-ranting, atau bahan alami lainnya yang kering.

setelah indukan lovebird betina bertelur, maka indukan lovebird ini akan mengerami telurnya tersebut. Nah, pada masa-masa ini di usahakan untuk tidak mengganggu dengan suara yang bising atau sebagainya untuk menghindari lovebird dari stress, sehingga telur ini tidak berkembang.


Demikian artikel kali ini tentang jenis kandang ternak lovebird yang benar dan baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi bahan referensi untuk anda yang membutuhkannya. Semoga sukses...