Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele

Cara Membuat Kolam Terpal – Hallo sahabat asikbeternak? Dalam artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara membuat kolam terpal kerangka lengkap dengan pipa pembuangan. Selain itu, dalam pembuatan kolamm terpal kali ini yang akan saya bagikan yaitu dengan menggunakan kerangka bambu sebagai cara yang alternatif, mudah, murah, dengan ketahanan yang cukup lama.

Baca Juga ;


Pembuatan kolam terpal ini tidak membutuhkan lahan yang cukup luas tentunya, cukup dengan membuat kerangka dari bambu di atas tanah tanpa harus menggali tanah. Cara pembuatan kolam terpal ini juga di buat dengan pipa pebuangan sekaligus mengatur dala ketinggian kolamnya. Pembuatan kerangka bambu ini bisa kita kira-kirakan dengan ukuran 2 x 4 m dan terpal 4 x 6 meter. Jumlah bambu untuk pembuatan kerangka ini sekitar 10 biji kurang lebih dengan rata-rata memiliki panjang 7 meter.


Cara Membuat Kolam Terpal Kerangka dengan Pipa Pembuangan

1. Pembuatan Dinding Kerangka Kolam

Langkah pertama buatlah bambu dengan masing-masing ukuran 2 dan 4 meter. Anda bisa menyesuaikan sendiri jumlah bambu yang akan di potong dengan kerapatan bilah pagar, dan semakin lebih rapat maka kontruksi kerangka akan semakin kuat.



2. Penggerajian Bambu-bambu

Dala hal ini bertujuan agar tidak tejadi kebocorran pada terpal. Maka sebelum di lakukan proses pemakaian paku, alangkah baiknya bambu-bambu ini harus di raut sampai halus. Namun jika persediaan bambu terbatas, lebih baik untuk memprioritaskan kerapatan pagar tersebut pada bagian bawah.



3. Pagar Kolam dari Bambu

Buatlah dua pagar dengan ukuran masing-masing 1 x 2 dan 1 x 4. Pada bagian pagar yang lebih  rapat bisa di letakan pada posisi bawah dan pada bagian pagar yang halus di posisikan sebelah dalam. Setelah itu, tanalah patok-patok bambu yang utuh yang telah di belah menjadi dua.


4. Kerangka Bambu Kolam Terpal

Pagar dinding kolam anda bisa memasangnya dengan cara di paku atau di ikat, dan semakin banyak patokan yang di gunakan maka dinding kolam akan semakin lebih kuat. 
Sebelum memasang kola terpal, buatlah terlebih dahulu saluran pipa untuk pembuangan air kolam.

5. Pemasangan Pipa

Pipa pembuangan ini bertujuan untuk pengurasan kolam jika ingin mengganti airr yang baru atau saat pasca panen lele. Pipa ini bisa anda pakai yang cukup lebih besar agar proses pengurasan aiir lebih cepat. Manfaat penggunaan pipa ini juga bertujuan untuk mengatur volume ketinggian air.

Bahan-bahan yang harus di siapkan antara lain seperti :

Klem selang / Clap yang berbentuk ring dengan screw sekrup yang cukup padat dikendorkan dan di kencangkan. Anda bisa mendapatkannya di bengkel-bengkel yang bekas atau yang baru di toko-toko onderdil motor atau mobil.
Pipa sambungan keni atau siku
Pipa paralon size 2
Ban bekas dengan kondisi yang cukup baik dan baik pakai

Alat-alat yang harus di siapkan antara lain seperti :

Cutter / lem
Tali
Lem
Tali
Obeng minus

Langkah-langkah kerja antara lain sebagai berikut :

Langkah pertama, tandai terlebih dahulu terpal yang akan di lubangi atau di buat tempat pipa pembuangan. Kemudian masukan ujung keni siku pada terpal, namun sebelumnya anda harus memastikan ujung yang ada di bawah terpal haru searah ke bawah tempat pebuangan.
Kemudian ikat terpal dengan pipa menggunakan ban bekas yang telah digunting berbentuk silinder dengan ukuran 2 cm. Rapihkan terpal yang sudah di ikat tadi dengan pipa supaya rapih, halus, dan tidak ada lekukan.
Setelah itu pasang klem pipa dengan tujuan memperkuat terpal yang tersambung dengan pipa. Klem atau begel dengan bahan stainles tidak berkarat ini bisa di anda dapatkan di toko bangunan.
Putarkan screw menggunakan obeng pada clam pipa agar lebih kencang. Selannjutnya, bukalah terpal yang sudah di beri tanda agar berlubang. Anda bisa menggunakan pisau cutter yang cukup tajam agar halus dalam peotongannya. Kemudian anda bisa menambahkan lem pada bagian area luar antara lingkaran pipa agar lebih kuat.
Pada bagian lubang terpal di pasang pipa untuk mengatur volume ketinggian air
Kemudian pada sambungan pipa siku di bawah terpal akan di masukan pipa paralon untuk pembuangan air keluar.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapih, dalam peasangan klem selang bisa di bagian luar. Tentunya hasilnya akan lebih rapih, namun resikonya kle yang telah di pasang jadi pada bagian bawah terpal susah untuk di kendorkan atau di kencangkan skrupnya jika suatu saat akan di rubah lagi.
Pada bagian saluran ini harus di tepatkan pada ketinggian tanah rendah agar air yang di alirkan keluar dapat mengalir lebih deras. Kemudian bersihkan dalam area yang akan di pasang terpal dari batu-batu, genteng, atau kerikil lainnya.

Baca Juga ;


6. Pasang Terpal pada Kerangka Bambu

Pada bagian akhir, terpal ini bisa di kaitkan pada pagar-pagar bambu dengan menggunakan kawat atau tali.


Itulah beberapa cara membuat kolam terpal lele. Semoga kedepannya bisnis ternak ikan lele anda bisa lebih berkebang dan pesat lagi, dan semoga inforasi ini bermanfaat serta menjadi bahan referensi untuk anda khususnya para peternak. Terimakaksih...

Seoga Sukses Selalu, Semangattt... ^_^