Pakan Alami untuk Ikan Lele dari Tumbuh-Tumbuhan seperti Daun Kangkung dan Pepaya

Pakan alami ikan lele dari tumbuhan merupakan salah satu pakan aternatif yang bisa kita olah sendiri sebagai pakan tambahan untuk penghematan dalam budidaya ikan lele. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pakan merupakan salah satu sumber energi untuk perkembangan serta pertumbuhan ikan lele. Banyak sekali pakan tambahan untuk lele dari alam seperti hewan-hewan kecil seperti plankton, anak katak, cacing, keong mas, bekicot, jasad renik, dan masih banyak lagi hewan-hewan kecil yang lainnya yang bisa kita manfaatkan sebagai pakan tambahan lele. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, banyak sekali pakan lele yang di produksi secara masal buatan pabrik. Dengan menggunakan pakan buatan pabrik sendiri, tentunya sangat memudahkan kita dalam memberi pakan untuk budidaya ikan lele.

Menggunakan pakan lele buatan pabrik seperti pelet ini memang cukup menjanjikan sekali dalam budidaya lele menjadi lebih cepat dalam pertumbuhannya. Dalam waktu yang sangat cepat, dengan kurun waktu 2 bulan ikan lele sudah siap panen. Namun masalah yang sering di keluhkan oleh para peternak dalam penggunaan pakan pabrik ini yaitu harga yang semain kesini semakin mahal harga pakan lele buatan pabrik seperti pelet, sedangkan disisi lain hasil atau harga jual lele belum dapat di tentukan. Dalam hal ini, bisa saja para peternak merugi jika harga jual lele tetap.

Untuk mengatasi hal ini tentunya harus ada solusi yang di cairkan. Berbagai usaha yang di lakukan telah di coba oleh para peternak seperti meramu atau membuat pakan lele buatan sendiri, ada yang sukses  dengan menemukan resep ampuh membuat ramuan pakan lele yang sederhana namun dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan pakan hasil buatan pabrik dan adapula para peternak yang belum berhasil dalam meramu pakan lele buatan sendiri.


Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik yaitu cara membuat pakan lele dengan bahan sederhana dan mudah di temukan di lingkungan sekitar. Tentunya resep ini telah para peternak yang mempraktekannya dengan hasil yang memuaskan. Berikut resep bagi anda yang ingin mencobanya.

Baca Juga ;



Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuh-tumbuhan


Bahan-bahan yang harus di siapkan :

Daun kankung
Daun papaya
Daun lamtoro
Daun turi

Dalam membuat pakan buatan dari tumbuhan ini tidak lepas juga dari bantuan pelet, namun tidak terlalu banyak pelet yang di butuhkan. Dalam kurun waktu 2 bulan, dari 1000 bibit lele hanya membutuhkan 42 Kg pelet pabrik. Sedangkan jika dalam budidaya ikan lele dengan menggunakan pakan lelet secara murni tanpa pakan tambahan, paling tidak membutuhkan 80 Kg pelet dari 1000 bibit lele.

Cara Pemberian Pakan Lele


1. Minggu pertama, benih lele dengan ukuran panjang 5/7cm di berikan pakan pelet sebanyak 2 Kg
2. Minggu kedua, benih lele di beri pakan pelet sebanyak 3 Kg
3. Minggu ketiga, benih lele di beri pakan pelet sebanyak 4 Kg
4. Minggu keempat, lele baru bisa di beri pakan tambahan seperti daun-daunan tapi masih di beri pakan dari pelet. Pada minggu keempat ini, lele di berikan pakan pelet sebanyak 4 Kg, daun kangkung sebanyak 1 Kg, daun papaya sebanyak 2 Kg, daun lamtoro sebanyak 1 Kg, dan daun turi sebanyak 2 Kg.
Untuk pemberian pakan tambahan seperti daun-daunan ini harus di potong kecil-kecil untuk mempermudah dalam memaknnya.
5. Minggu kelima, lele di beri pakan pelet sebanyak 5 Kg, daun kangkung sebanyak 2 Kg, daun papaya 2 Kg, daun lamtoro sebanyak 1 Kg, dan daun turi sebanyak 2 Kg.
6. Minggu keenam, lele di beri pakan pelet sebanyak 6 Kg, daun kandkung sebanyak 3 Kg, daun papaya sebanyak 3 Kg, daun lamtoro sebanyak 2 Kg, dan daun turi sebanyak 3 Kg.
7. Minggu ketujuh, lele di beri pakan pelet sebanyak 8 Kg, daun kangkung sebanyak 4 Kg, daun papaya sebanyak 4 Kg, daun lamtoro sebanyak 2 Kg, dan daun turi sebanyak 4 Kg.
8. Minggu kedelapan, lele di beri pakan pelet sebanyak 10 Kg, daun kangkung sebanyak 5 Kg, daun papaya sebanyak 5 Kg, daun lamtoro sebanyak 3 Kg, dan daun turi sebanyak 5 Kg.

Pada saat minggu ke 6, dalam pemberian pakan daun-daunan tidak perlu di potong kecil-kecil lagi, karena setelah menincak usia 6 minggu lele sudah besar dan kuat. Untuk daun kangkung sendiri anda bisa menggantikannya dengan daun singkong atau daun eceng gondok.

Baca Juga ;




Demikian artikel yang saya sajikan kali ini tentang pakan alami ikan lele dari tumbuh-tumbuhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang membutuhkannya. Semoga sukses…