Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Bekatul

Cara Membuat Pakan Lele dari Bekatul – Pakan merupakan salah satu komponen yang dapat mensukseskan dalam berbisnis budidaya ikan lele agar cepat berkembang dan cepat panen.

Mahalnya harga pakan di pasaran membuat para pelaku budidaya ikan lele semakin berkurang. Padahal jika budidaya ikan lele di kembangkan dengan baik akan berpengaruh positif dan membantu pada perekonomian daerah setempat, juga Negara tidak perlu lagi menginpor ikan lele atau bibit dari luar negri. Dalam hal ini tentunya akan merusak para pelaku usaha ternak lele di daerah kita.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagai pengalaman yaitu tentang cara membuat pakan lele buatan sendiri dari bahan dedak bekatul. Dedak bekatul ini sudah terbukti dapat mempercepat perkembangan budidaya ikan lele dengan panen yang cukup melimpah jika kita mengolahnya dengan baik dan benar. Dalam hal ini, kandungan yang terkandung dalam dedak bekatul ini memiliki serat yang cukup tinggi dan baik bagi pertumbuhan ikan lele. Sehingga para peternak ikan lele tidak hanya mengandalkan pakan lele buatan pabrik saja yang harganya cukup mahal.


Dedak bekatul ini merupakan pakan alternatif yang bisa kita dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Pada umumnya dedak bekatul ini di manfaatkan sebagai pakan unggas, namun seiring dengan perkembangan jaman dedak bekatul ini ternyata bisa kita olah sebagai pakan alternatif untuk ikan lele di olah dengan sangat mudah. Selain kandungan serat di dalamnya, kandungan protein dalam dedak juga sangat bagus sebagai pakan tambahan untuk lele.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa cara dan bahan yang harus kita siapkan untuk membuat pakan lele buatan sendiri dari dedak bekkatul sebagai berikut.

Bahan-bahan yang Harus di Siapkan untuk Membuat Pakan Lele dari Dedak Bekatul 


• Pertama, siapkan terlebih dahulu dedak bekatul sebanyak 5 Kg
• Kedua, siapkan juga pellet ikan sebanyak 2,5 Kg
• Ketiga, siapkan juga garam dapur sebanyak 5 sendok makan
• Keempat, siapkan juga minyak sayur secukupnya
• Kelima, Air putih bersih 5 Liter
• Dan panci sebagai wadahnya

Baca Juga : cara membuat pakan lele buatan sendiri

Cara Membuat Pakan Lele Buatan Sendiri dari Dedak Bekatul 


1. Langkah pertama, masukan bahan-bahan yang telah disiapkan tadi seperti dedak bekatul, pellet ikan, garam dapur dan tambahkan air putih bersih sebanyak 5 Liter yang sudah di rebus

2. Kemudian aduk sampai merata

3. Diamkan selama kurang lebih 1 jam

4. Lanjut kemudian, barulah tambahkan minyak sayur secukupnya

5. Aduk kembali hingga merata dan tiriskan

6. Setelah itu, simpan dan tunggu selama 1 malam

7. Pakan buatan sendiri dari dedak bekatul siap diberikan pada ikan lele

Perlu diperhatikan, alangkah baiknya untuk melakukan pengepalan agar bisa di simoan di tempat dengan rapi. Selai itu, dalam memberikan pakan dedak bekatul buatan sendiri ini bisa anda lakuan secara rutin antara 2 kali dalam satu hari. Agar lebih efektif, anda bisa memberikan pakan ini saat malam hari dengan tujuan agar pertumbuhan ikan lele lebih cepat.
Sangat mudah bukan? Selamat Mencoba…

Baca Juga :



Demikian postingan kali ini tentang cara membuat pakan lele buatan sendiri dari bahan dedak beaktul. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadikan referensi untuk anda dalam mensukseskan budidaya ikan lele serta mampu meningkatkan perekonomian daerah anda khususnya. Terimakasih dan Semoga Sukses… 

Jangan Lupa Like dan Bagikan !!! ^_^