15 Pakan Pilihan untuk Ayam Potong

Pakan Ayam – Pakan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan dalam membudidayakan hewan ternak karena dapat mempengaruhi tingkat prtumbuhan atau produksi hewan tersebut. Makanan atau pakan yang bernutrisi atau bergizi tentunya dapat membuat hewan tersebut menjadi sehat, kuat, dan gemuk. Tidak terkecuali dengan ternak ayam potong, tentunya dengan tubuh ayam yang gemuk menjadikan kualitas harga jual semakin meningkat. 
Nah, dalam postingan kali ini saya akan mengulas beberapa pakan ayam potong semoga menjadi bahan referensi bagi anda yang sedang menjalankan bisnis membudidayakan hewan ternak. 

Macam-Macam Pakan Ayam Potong 

1. Pollard 


Pollar merupakan pakan yang dihasilkan dari olahan gandum menjadi tepung terigu, biasa orang menyebut pakan ini dengan sebutan dadak gandum. Jenis pakan ini memiliki banyak kandungan yang sangat bagus untuk pertumbuhan ayam seperti kandungan lemak sekitar 4%, protein sekitar 15%, dan serat sekitar 9%. Kandungan metabolis energy yang cukup tinggi sekitar 1700 kkal/Kg dapat menyebabkan si ayam mencret. Oleh karena itu, batasilah memberikan pakan ini pada si ayam antara pagi, siang, dan sore menjelang magrib. 

2. Dedak Padi 


Dedak merupakan hasil olahan padi menjadi beras, biasanya pakan ini sebut dengan nama popular bekatul. Kandungan asam amino dan sumber energy yang cukup tinggi pada pakan ini. Selain itu, kandungan lemak yang terkandung pada dedak ini dapat menimbulkan penggumpalan sehingga efeknya akan menimbulkan bau tengik. Untuk jenis pakan ini, alangkah baiknya juga untuk membatasi makan ayam karena kandungan serat sekitar 12% sangat sulit untuk dicerna oleh ayam. 

3. Jagung


Kandungan gizi yang cukup tinggi serta karbohidrat pada jagung ini menjadikan para peternak pemelihara atau peternak memiliki pakan ini sebagai pakan utama. Ada beberapa jenis jagung yang bisa di berikan sebagai pakan ayam yaitu jagung kuning, jagung putih, dan jagung merah. Nah, dari ketiga jagung ini, jagung kuninglah yang terbaik. Mengingat kandungan Nutrisi yang cukup tinggi serta pro Vitamin yang cukup banyak terkandung dalam jagung ini sangat baik dan mudah untuk di cerna. 

4. Tepung Tulang 


Tepung tulang ini bisa kita dapatkan dari tempat pemotongan ayam atau hewan semacam lainnya. Untuk caranya sendiri cukup mudah sekali, pertama rebus tulang terlebih dahulu, kemudian keringkan, dan giling sampai benar-benar halus. Kandungan kalsium dan phosphor sangat bagus untuk pembentukan sendi dan tulang ayam. 

5. Singkong 


Kandungan Zat antinutrien sianogenik glukosida sangat kurang baik bagi ayam. Untuk anda yang ingin menggunakan pakan singkong ini, alangkah baiknya singkong ini di jemur terlebih dahulu menjadi gaplek untuk menghilangkan zat-zat tersebut. 

6. Sorgum 


Untuk mendapatkan pakan sorgun ini memang sangat sulit dan bisa kita dapatkan didaerah tertentu saja. Nama lain sorgum ini making-masing daerah berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan nama batar tojeng, cantrik, dan centel. 

7. Minyak atau Lemak 


Minyak atau lemak ini biasanya dicampurkan dengan pakan lainnya seperti dedak atau yang lainnya. Minyak ini bertujuan untuk meningkatkan efisien pakan, memperbaiki warna, rasa, dan untuk mengurangi pakan berdebu. 

8. Kacang Kedelai 


Kacang kedelai ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, meskipun begitu kita harus mengatur pakannya dan yang pasti jangan berlebihan. 

9. Bungkil Kelapa


Bungkil kelapa ini merupakan sisa dari olahan minyak kelapa. Untuk mendapatkan bungkil kelapa ini biasanya daging kelapa dikeringkan terlebih dahulu, kemudian di ambil minyak kelapa tersebut, hingga akan tersisa bungkilnya saja. 

10. Tepung Ikan


Tepung ikan ini di hasilkan dari olahan ikan yang di keringkan kemudian di guling sampai halus menjadi tepung. Ikan sisa atau ikan yang tidak layak untuk di konsumsi manusia ini bisa di olah menjadi pakan ayam. 

11. Tepung Bulu Unggas 


Tepung bulu unggas ini yaitu olahan dari bulu ayam yang tak layak konsumsi manusia, kemudian di masak dengan suhu yang cukup tinggi, lalu ditiriskan, dikeringkan, telakhir digiling menjadi tepung. 

12. Tepung Siput atau Keong Emas 


Kandungan yang terdapat pada siput atau keong emas ini mengandung protein yang cukup tinggi sekitar 52%. Cara yang bisa anda lakukan untuk membuat pakan ayam dari keong emas atau siput ini yaitu. Pertama, keong direbus terlebih dahulu dengan mencampurkan garam secukupnya agar kotoran dan lendirnya hilang, kemudian tiriskan dan jemur sampai kering. Telakhhir giling sampai menajadi seperti tepung. 

13. Tepung Daun Lamtoro 


Cara yang bisa anda lakukan untuk membuat pakan ayam dari hasil olahan daun lemtoro ini yaitu keringkan terlebih dahulu daun tersebut, lalu giling sampai halus. 

14. Grit 

Pakan grit ini terdiri dari campuran bahan seperti kulit kerang, kapur, mica, batu kali kecil, dan lain sebagainya. Memang kedengarannya tidak seperti makanan pada umumnya, namun manfaatnya santat baik untuk pertumbuhan ayam. 

15. Pelet 

Pellet ini merupakan pakan yang sangat disukai ayam. Selain itu, pakan ini lebih hemat dan efisien di bandingkan dengan pakan tepung yang sangat boros. 

Baca Juga ;

Demikian postingan kali ini tentang jenis-jenis pakan untuk ayam potong. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk anda yang membutuhkannya. Semoga Sukses…